REFLEKSI PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA

Desember 16, 2017



Pancasila adalah sebagai dasar negara Indonesia, memegan peranan penting dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila banyak memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia, salah satunya adalah "Pancasila sebagai suatu sistem etika".

Disetiap saat dan dimana saja kita berada, kita diwajibkan untuk beretika disetiap tingkah laku kita. Seperti tercantum disila ke dua “kemanusian yang adil dan beradap” tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran pancasila dalam membangun eytika bangsa ini sangat berandil besar, setiap sila pada dasarnya menupakan azas dan fungsi sendiri-sendiri, namun secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan.

Selanjutnya langsung saja membahas tentang pertanyaan yang diberikan oleh dosen pancasila yaitu bapak abdul hamid. Pertanyaannya yaitu: 
Mengapa antara jalan hidupnya individu dgn jalan hidupnya berbangsa tidak bs disamakan?
-          Karena setiap individu, baik dari tingkatan yang paling rendah sampai dengan tingkatan yang paling tinggi mempunyai cita-cita hidup yang berbeda-beda. Dari cita-cita ini, setiap individu memiliki hak&kewajibannya masing-masing dan memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda, yang menentukan apa yang akan mereka lakukan saat ini, atau dimasa yang akan datang, untuk siapa, dan kepada siapa. Maka, jalan hidup berbangsa tidak dapat disamakan dengan jalan hidupnya individu. Karena apabila sekelompok individu mengaku berbangsa, dan memiliki landasan atau dasar didalam negara mereka, maka kelompok individu tersebut harus bersama-sama menjunjung tinggi cita-cita bersama untuk negaranya sesuai dengan dasar negara yang ada. Dalam pancasila terdapat sila yang menyatakan ketuhanan, keadilan, dan persatuan. Jadi, bangsa ini (Indonesia) harus menjunjung cita-cita bersama untuk indonesia sesuai dengan pancasila.

Etika tidak mempunyai sanksi yg kuat. Mengapa etika masih dipelajari?
-          Etika memang tidak memiliki sanksi yang kuat. Namun etika merupakan suatu hal yang sudah ada sejak lama, dan sudah menjadi suatu keharusan untuk diterapkan bagi setiap orang. Mempelajari etika sendiri adalah untuk menciptakan nilai moral yang baik. Etika harus benar-benar dimiliki dan diterapkan oleh setiap manusia, sebagai modal utama moralitas pada kehidupan di masyarakat. Etika yang baik, mencerminkan perilaku yang baik, sedangkan etika yang buruk , mencerminkan perilaku kita yang buruk dan akan menciptakan suatu keluaran yaitu berupa penilaian di masyarakat. Karena etika sudah menjadi kebiasaan orang-orang terdahulu, maka baiknya kita menghargai sikap orang lain dengan beretika baik terhadap sesama agar menciptakan moral yang baik pula.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.